ABSTRAK
Aplikasi Pendidikan Karakter Wirausaha Melalui
Kegiatan Market Day di SD Alam Al Ghifari Kota Blitar
Oleh : Asep Yanto, S.Pd.T (Kepala Sekolah SD
Alam Al Ghifari)
Penulisan karya ilmiah Best practice
ini bertujuan untuk memberikan gambaran keberhasilan
membangun karakter siswa melalui kegiatan Market
Day yang meliputi desain/
konsep dasar kegiatan
Market day dalam praksis pendidikan karakter dan proses kegiatan Market
Day
dalam pembentukan karakter siswa SD Alam Al
Ghifari.
Subjek yang
berperan adalah para guru, siswa dan wali murid SD Alam Al Ghifari. Objek kegiatan berupa
aktivitas pembelajaran karakter pada kegiatan Market
Day dan pendapat para guru, siswa
dan wali murid terhadap pelaksanaan kegiatan Caffe
Day. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan wawancara
mendalam, angket,
observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan
adalah reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi.
Simpulan
kegiatan Market Day yang
dilaksanakan menunjukkan hasil dan kolerasi yang positif dalam membangun
karakter siswa diantaranya : (1) Jujur, (2). Disiplin
(3). Tanggungjawab (4). Kreatif, (5). Inovatif, (6). Mandiri, (7) Tanggungjawab, (8).
Kerjasama, (9). Kepemimpinan, (10). Pantang Menyerah, (11) Berani menangung
resiko, (12) Komitmen, (13) Realistis, (14). Rasa ingin tahu, (15). Komunikatif, (16). Motivasi kuat untuk
sukses dan (17). Berorientasi pada tindakan.
Selain itu siswa juga memiliki jiwa wirausaha yang antara lain: (1).
Berani mengambil resiko, (2). Menyukai tantangan, (3). Daya
tahan tinggi, (4) Visi ke depan dan (5). Memberikan yang terbaik.
Kata Kunci :
Pendidikan Karakter , Wirausaha, Kegiatan Market
Day
0 komentar:
Post a Comment