Visi SD Alam Al Ghifari Blitar

“Menjadi Sekolah Terdepan dalam Membentuk Generasi yang Berakhlak Mulia, Mandiri, Berprestasi yang Memiliki Wawasan Lingkungan Hidup dan IPTEK ”

Pelatihan Kader TIWISADA I

Assalamu'alaikum.wr.wb


Usaha kesehatan sekolah disingkat UKS adalah suatu usaha yang dilakukan sekolah untuk menolong murid dan juga warga sekolah yang sakit di kawasan lingkungan sekolah. UKS biasanya dilakukan di ruang kesehatan suatu sekolah.Dengan UKS ini diharapkan mampu menanamkan sikap dan perilaku hidup sehat pada dirinya sendiri dan mampu menolong orang lain. Dari pengertian ini maka UKS dikenal pula dengan child to child programme. Program dari anak, oleh anak, dan untuk anak sehingga mampu menciptakan anak yang berkualitas.
Hidup sehat seperti yang didefinisikan oleh badan kesehatan perserikatan bangsa-bangsa (PBB) World Health Organization (WHO) adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sedangkan kesehatan jiwa adalah keadaan yang memungkinkan perkembangan fisik, mental, intelektual, emosional, dan sosial yang optimal dari seseorang. Dalam Undang Undang Nomor 23 Tahun 1992 pasal 45 tentang Kesehatan ditegaskan bahwa ”Kesehatan Sekolah” diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal serta diharapkan dapat menjadikan sumber daya manusia yang berkualitas. 
Oleh karena itu, untuk optimalisasi program UKS perlu ditingkatkan peran serta peserta didik sebagai subjek dan bukan hanya objek. Sehingga ..... SD Alam Al Ghifari kali ini membuka kesempatan yaitu mengadakan pelatihan kader TIWISADA (24 April 2014) agar kelak peserta didik bisa mandiri dan saling menolong. Pelatihan TIWISADA ini disampaikan langsung oleh PJ UKS yaitu ustadzah Triana Susanti, S.Pd dengan jumlah peserta sekitar 21 anak. Adapun materi yang disampaikan antara lain sebagai berikut. 
1. Pengertian UKS
2. Kader TIWISADA
3. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)
4. 3M
5. Kebersihan Gigi dan Mulut

6. Menjaga Kesehatan Lingkungan Sekolah
7. Cara memakai Dosis Obat
8. Pembagian PJ kegiatan UKS berkala dan tahunan


0 komentar:

Post a Comment