Visi SD Alam Al Ghifari Blitar

“Menjadi Sekolah Terdepan dalam Membentuk Generasi yang Berakhlak Mulia, Mandiri, Berprestasi yang Memiliki Wawasan Lingkungan Hidup dan IPTEK ”

Life Skill

Alhamdulillah.......teman-teman SD Alam Al Ghifari sudah bisa memasak ya....?
Wah,masih kecil sudah hebat
Ingin tahu rahasianya.......?

Begini lho..........................
SD Alam Al Ghifari memiliki program unggulan, salah satunya adalah Life Skill. Life Skill dapat diartikan sebagai kecakapan hidup. Kecakapan hidup yang dimaksud adalah kecakapan yang dimiliki seseorang untuk mau dan berani menghadapi problema hidup dan penghidupan secara wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga akhirnya mampu mengatasinya (Dirjen PLSP, Direktorat Tenaga Teknis, 2003). 
Life Skill tidak hanya sekedar memiliki keterampilan hidup, namun juga memiliki kemampuan dasar  seperti: membaca, menulis, menghitung, merumuskan, dan memecahkan masalah, mengelola sumber daya, bekerja dalam tim, terus belajar di tempat kerja, mempergunakan teknologi (Satori, 2002).
Menurut Jecques Delor, program life skill berpegang pada empat pilar pembelajaran yaitu sebagai berikut:
  1. Learning to know (belajar untuk memperoleh pengetahuan).
  2. Learning to do (belajar untuk dapat berbuat/bekerja).
  3. Learning to be (belajar untuk menjadi orang yang berguna).
  4. Learning to live together (belajar untuk dapat hidup bersama dengan orang lain 
Kegiatan Life Skill ini dilaksanakan dengan tujuan:
  1. Siswa-siswi SD Alam Al Ghifari memiliki kecakapan hidup yang nantinya bisa menjadi bekal kelak mereka dewasa dan bersaing dengan dunia. 
  2. Mengaktualisasikan potensi peserta didik sehingga dapat digunakan untuk memecahkan problema yang dihadapi.
  3. Memberikan wawasan yang luas mengenai pengembangan karir peserta didik.
  4. Memberikan bekal dengan latihan dasar tentang nilai-nilai yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
  5. Memberikan kesempatan kepada sekolah untuk mengembangkan pembelajaran yang fleksibel dan kontekstual.
  6. Mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya di lingkungan sekolah, dengan memberi peluang pemanfaatan sumberdaya yang ada di masyarakat sesuai dengan prinsip manajemen berbasis sekola.
Semoga bermanfaat

(*AN)


0 komentar:

Post a Comment