Visi SD Alam Al Ghifari Blitar

“Menjadi Sekolah Terdepan dalam Membentuk Generasi yang Berakhlak Mulia, Mandiri, Berprestasi yang Memiliki Wawasan Lingkungan Hidup dan IPTEK ”

Wafa Metode Belajar Al Qur'an Otak Kanan


SD Alam Al Ghifari merupakan sekolah yang memiliki siswa heterogen. Karena itulah Sekolah ini membutuhkan sistem atau metode pendidikan Al Quran yang mampu memotivasi dan memfasilitasi semua siswa dengan berbagai kelebihannya. Untuk itu,mulai tahun pelajaran 2013-2014  SD Alam Al Ghifari melakukan terobosan baru dengan menerapkan sistem pendidikan Al Quran metode Wafa. Wafa dengan 5 buku dan alat peraga serta model pembelajaran TANDUR yang urutan penulisan huruf di jilid 1 tidak diawali dengaan alif, bak, ta’ melainkan diawali dengan huruf-huruf hijaiyah yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. 
Mengapa memilih Wafa (metode belajar Al Qur'an Otak Kanan)?
Karena otak kanan ini memiliki beberapa sifat yang luar biasa seperti lebih fleksibel, menerima hal-hal baru yang terkadang tidak logis, imajinatif, penuh inovasi, kreatif, dan dilakukan secara tidak sadar berdasarkan kebiasaan-kebiasaan. Biasanya orang-orang yang lebih dominan otak kanan, cenderung akan melakukan hal-hal yang baru serta melakukan sesuatu berdasarkan pada keyakinan yang terdapat di alam bawah sadarnya. Selain itu, OTAK KANAN BERSIFAT LONG TERM MEMORY.

Pokok pembelajaran di metode Wafa di bagi menjadi tiga,
a.       Membaca
-          Menguasai Makhorijul huruf
-          Menguasai panjang dua harakat
-          Menguasai bacaan tekan
-          Menguasai bacaan dengung dan fawatihus suwar
-          Menguasai qalqalah dan waqof
-          Menguasai bacaan gharib musykilat
-          Menguasai hokum-hukum bacaan (tajwid)
b. Menulis
-          Menebali huruf tunggal
-          Menulis huruf tunggal bersambung
-          Menulis sambung 1 kata
-          Menulis ayat
-          Imla’
c.       Mengahafal
-           Menghafal juz 30
-      Menghafal juz 29



Alhamdulillah dengan menggunakan metode Wafa teman-teman SD Alam Al Ghifari semakin semangat dalam menghafal Al Qur'an. Amiin....
Bagi bapak-bapak/ ibu-ibu yang menginginkan buah hati tercinta bisa menghafal Al Qur'an, segera daftarkan ke SD Alam Al Ghifari jalan Sumba no 38, Karangtengah, Sananwetan, Kota Blitar.
Terima kasih
Semoga bermanfaat
Amiin
(*AN)

1 komentar:

wah bagus sekali terobosannya.ada jual buku pedoman wafa nya?berapa harganya saya berminat membelinya.hubungi saya ; aqil maftuh 081345939659

Post a Comment